Film Pendek (Omnibus)

Kompilasi karya film pendek (omnibus) menjadi trend yang menggejala dalam industri perfilman nasional. Film berbiaya rendah ini selain bisa menjadi wadah bagi sineas muda menampilkan karyanya, juga dianggap membuka celah pasar bagi masyarakat yang kini gaya hidupnya serba cepat.

Setelah Sanubari Jakarta yang disutradarai oleh Lola Amaria dan sembilan sutradara muda lainnya, akhir pekan lalu giliran film Sinema Purnama diluncurkan ramai-ramai oleh empat sutradara, yakni Radian Kanugroho, Andra Fembriarto, Pandu Bintoro dan Ray Nayoan.

Mereka memproduksi film pendek dengan benang merah tema tentang cinta. Dengan "bungkus" cinta, keempat sutradara tersebut lalu membuat film yang masing-masing diberi judul sendiri seperti Kios, Dongeng Ksatria, Dunia Paruh Waktu, lalu Sinema Purnama.

Abdul Dermawan Habir, co-produser film Dunia Paruh Waktu, mengatakan, omnibus sangat memberi peluang bagi sineas muda Indonesia untuk berkarya.

"Selama ini orang, terutama anak muda selalu berpikir membuat film itu sulit karena biayanya mahal. Tetapi dengan omnibus, biayanya cuma Rp 10 juta sudah jadi film," kata Habir, Sabtu (28/4/2012).

Pendanaan untuk film omnibus biasanya dicari secara beramai-ramai. Mereka bergerak untuk mengumpulkan dana dengan mencari sponsor baik perusahaan maupun perorangan.
"Kami mengedepankan semangat independen (mandiri). Kami berkarya tanpa harus bergantung pada investor besar," kata Pandu Birantoro sutradara film Kios.

Selain Sinema Purnama, tahun ini artis Wulan Guritno juga meluncurkan omnibus berjudul Dilema bersama rekan sutradara lainnya.

Praktisi di bidang perfilman yang juga Direktur Jive! Collection, Ronny P Tjandra mengatakan, omnibus merupakan bentuk perlawanan anak muda, untuk ikut terjun di industri perfilman nasional.

Selama ini, kata Ronny, produksi film lebih dikuasai rumah-rumah produksi besar yang biasanya membuat film panjang. Padahal di Indonesia banyak sekali sineas muda yang sudah membuat karya film pendek. Namun keberadaan mereka terpinggirkan karena karya-karyanya tidak diputar di bioskop.

Ronny Casting,





Di dunia perfilman internasional, film omnibus sebenarnya bukan barang baru. Beberapa sutradara besar seperti Francis Copolla, Martin scoserse, dan Woody Allen sudah memproduksi omnibus pada tahun 1989.

Di Indonesian, karya omnibus pertama dibuat pada tahun 1998 oleh empat sineas yang kini punya nama yaitu Riri Riza, Mira Lesmana, Nan T Ahnas, dan Rizal Mantovani. Karya itu merupakan langkah awal mereka terjun ke dunia layar lebar.

Ronny melihat peluang omnibus untuk terus berkembang di Indonesia. Ia mengamati masyarakat sekarang hidupnya semakin terkotak-kotak. Karena kesibukan yang padat, mereka tidak punya waktu untuk menikmati satu kegiatan dengan durasi lama, termasuk menonton film panjang. 

dikutip dari : JAKARTA, KOMPAS.com -

9 komentar:

  1. aku mau dong jadi pemain sinetron, hubungin saya ya..
    083849603650

    BalasHapus
  2. Permisi, nama saya Bayu Ilham Sulaiman saya ingin menjadi artis. Ini biodata saya

    Nama lengkap: Bayu Ilham Sulaiman
    Nama panggilan: Bayu
    Agama: Islam
    Tempat tanggal lahir: Bengkulu, 03 desember 1998
    Alamat: Jalan prima RT:10/11 kelurahan tegal alur kecamatan kalideres, cengkareng jakarta barat
    Usia: 15 tahun
    Sekolah: SMK Negeri 53 Jakarta barat
    kelas: 10 TAV 1

    Untuk info yang lebih detail silahkan tanyakan saya melalui

    Facebook: bayuilhamsulaiman@gmail.com
    Twitter: @bayuilhams
    Nomor HP: 08971336910

    Terima kasih

    BalasHapus
  3. ass,, saya ingin mendaftar, aku ingin bangen maen fillem. dan juga saya ingin banget diakuin dikeluwarga gue, klok aku bisa sukses..
    dibayar gak dibayar biyarin asal saya bisa ngujutin keinginan gua.
    muhon bimbingannya abng/ kk

    info biodata :
    nama lengkap : Tio adiansyah
    agama : islam
    tempat tanggal lahir : muara enim. 12-12-1994
    alamat : palembang, kabupaten muara enim, jl. sultan mahmud badarudin 2. no 343
    usia : lebikurang 19
    tlvn : 085357360444

    jaringan sosial :
    facebook : tio ardiansyah
    twitter : @tioceker / @tio_ceker
    email : tio.adiansyah@yahoo.com

    BalasHapus
  4. info biodata :
    nama lengkap ; muhammad arif
    AGAMA : islam
    tempat tanggal lahir : jakarta.28-06-2000
    alamat : jl kp kramat bahagia rt 09/09 no:18
    usia : 14
    telpon :083804344482

    info gwe keles

    BalasHapus
  5. Nama : Isnarti
    Tanggal Lahir : jakarta, 09 Januari 1984
    Alamat : Jl. Bukit Duri Selatan No. 58 Rt 3 Rw 4 Tebet Jakarta Selatan
    Finalis Take Me Out Indonesia berpasangan dengan Hari Perdana ( Mojang Bandung )
    Telepon : 081380289870
    Email : iie.adtjah@gmail.com
    pin BB : 23c2c35F

    please info ya

    BalasHapus
  6. Saya juga mau...tolong bantu saya.
    ni...nope saya
    +85292495564.

    BalasHapus
  7. Saya mau jika ada lowongan casting untuk anak remaja.. di film apa aja, terserah.. yang penting cocok sama anak remaja...
    Info biodata :
    Nama : Mas Ajeng Fahma Tahta
    Alamat : Kediri, perum. Mutiara Residence d/4 rt 2, rw 12 . kecamatan pesantren, kelurahan tinalan..
    TTl : Bandung, 15 Juli 2000

    Info sosial media : Fb : Fahma Tahta
    Twitter : @tahta_fahma
    Instagram : @tathafahma
    Pin bb : 7D299549

    mohon dihubungi atau dibalas ya, terimakasih

    BalasHapus